Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Belajar SEO : Membuat Artikel SEO Friendly 2023 Part 02

 


Teknokom - Selamat Pagi,Siang, Sore, dan Malam semuanya. sebelumnya kita telah membahas awal dari metode pembuatan SEO Friendly. Jadi bagaimana masih penasaran? pastinya sih soalnya kalain sudah menbaca sampai sini hehe.

Sekarang kita lanjutkan pembahasannya agar kita semua semakin pintar membuat artikel dan artikel kita dibanjiri pengunjung. 

Mari kita mulai lanjutkan pembahasannya!


5. Memperhatikan Bagian Pembuka Artikel

Kamu harus menulis pengantar yang kuat yang membahas tujuan pembaca dan memasukkan kata kunci merupakan langkah selanjutnya dalam membuat konten yang SEO friendly. Mengapa demikian?

Pertama, jika awal artikel Anda membuat pembaca bertanya-tanya apa tujuan Anda, mereka akan berhenti membaca. Kedua, menggunakan kata kunci di paragraf pertama dapat membantu Google mengarahkan pembaca yang tepat ke kata kunci tersebut.

Ada rumus AIDA yang bisa digunakan untuk membumbui pendahuluan, yaitu:

Attention = Gunakan kata-kata dengan pertanyaan, lelucon singkat atau fakta untuk menarik perhatian pembaca.

Interest = Singgung permasalahan pengunjung agar agar dia tertarik untuk melanjutkan membaca artikel kamu

Desire = Beritahu manfaat artikel kamu dapat menyelesaikan masalah pembaca

Action = Gunakan kata ajakan supaya pembaca melankutkan bacaannya hingga akhir.

Ini adalah penjelasan memngenai rumus AIDA


6. Menggunakan Paragraf Singkat

Usahakan agar paragraf artikel Anda singkat sehingga pembaca merasa nyaman. Penjelasan biasanya dapat dikomunikasikan secara efektif dalam tiga kalimat atau kurang.

Menurut penelitian, orang yang membaca artikel internet sering kali memindai artikel tersebut menggunakan pola huruf "F"  (F - Shaped Pettern).

Paragraf awal akan dibaca secara keseluruhan, diikuti dengan pemindaian vertikal kata dan kalimat yang menarik. Begitu seterusnya sampai artikel selesai. Akibatnya, setiap paragraf akan memiliki maksimal tiga kalimat, dan itu akan :

1. Mepermudah pembaca untuk menemukan frasa atau kalimat yang mereka inginkan.

2. Mempermudah pembaca untuk memahami penjelasannya.


7. Menggunakan Metode Piramida Terbalik

Piramida terbalik adalah pendekatan penulisan di mana Anda memulai dengan informasi yang paling penting, diikuti dengan penjelasan yang lebih mendalam, lalu diakhiri dengan detail lebih lanjut.

Strategi ini akan membuat posting Anda ringkas dan memudahkan pembaca untuk segera menemukan detail kunci.


Seumebr dari Kompas.com


8. Tulis Artikel yang Berpokus ke Satu topik

Komponen kunci dalam menulis artikel SEO-friendly adalah mendefinisikan satu topik dan berkonsentrasi pada penjelasannya. Tema artikel yang jelas tidak hanya akan menghindari kebingungan pembaca tetapi juga meningkatkan koherensi materi yang disajikan.

Misalnya, Anda harus berkonsentrasi pada instruksi beternak ayam saat menulis esai tentang "cara beternak ayam". Tulis posting yang berbeda jika Anda ingin mengetahui lebih detail tentang berbagai jenis ayam. Anda akan merasa lebih mudah untuk membicarakannya secara lebih rinci dan mendalam sebagai hasilnya.

Selain itu, berkonsentrasi pada satu subjek dapat membantu Anda memilih kata kunci yang relevan. Pada akhirnya, memahami struktur artikel untuk pengindeksan lebih mudah dilakukan oleh  web crawle Google.

9. Sabar Keyword Sewajarnya

Menggunakan terlalu banyak kata kunci saat membuat artikel adalah salah satu blunder mereka (keyword stuffing). Tujuannya agar muncul lebih cepat di halaman hasil pencarian Google.

Pada kenyataannya, isian kata kunci adalah taktik spam dan sama sekali bukan cara artikel biasanya ditulis agar SEO Frienly. Karena isian kata kunci menurunkan kualitas artikel Anda dan membuat pemirsa merasa tidak nyaman, Google menganggapnya sebagai spam.

Peringkat Anda akan menurun,  jika Anda membuat konten dengan kata kunci yang berlebihan, dan Anda bahkan dapat dikeluarkan sepenuhnya dari hasil pencarian.

hemmmm!!

Sebarkan keyword Anda seperlunya. Ingatlah selalu bahwa Anda membuat konten untuk pembaca. Oleh karena itu, pastikan paragraf Anda substansial dan menyenangkan untuk dibaca.

Nahh.. mungkin kali ini kita sudahi terlebih dahulu sampai sini, next kita lanjutkan lagi pembahasannya di metode membuat SEO 2023 part 3.

Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kalian semua ^-^





Posting Komentar untuk "Belajar SEO : Membuat Artikel SEO Friendly 2023 Part 02"