Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Langkah Trakhir Untuk Membuat Artikel SEO Friendly 2023

 Teknokom - Hallo teman-teman pada artikel sebelumnya kita sudah membahas 9 metode untuk membuat artikel freindly. Bagaimana sudah mulai paham dengan 9 metode yang sebelumnya? atau kamu masih pesnasaran metode selanjutnya?

Supaya kamu maskin pinter lagi membuat artikel dengan SEO Friendly. Gas aja yuu kita lanjutin metode-metodenya  hehehe..

Metode membuat artikel seo freindly


10. Perbanyak Memekai Konjungsi

Konjungsi (kata sambung)  adalah kata-kata yang menggabungkan kalimat atau paragraf, seperti namanya. Konjungsi digunakan di seluruh teks untuk membantu pembaca memahami bagaimana konsep berhubungan satu sama lain.

Anda dapat menggunakan konjungsi seperti ini sebagai contoh.

  • Konjungsi Pertentangan = tapi, namun, sedangkan, sebaliknya
  • Konjungsi Pembenaran = melainkan, hanya
  • Konjungsi Penegasan = bahkan, malah, lagipula, apalagi, jangankan
  • Konjungsi batasan = kecuali, hanya
  • Kongjungsi urutan = lalu, kemudian, selanjutnya
  • Konjungsi Persamaan = yaitu,yakni, bahwa, adalah, ialah
  • Konjingsi Penyimpulan = jadi, karena itu, oleh sebab itu.
    ini salah satu contoh kata konjungsi:

Teks 1

"Saya ingin menyimpulkan dengan menguraikan manfaat makanan kucing merek X dibandingkan merek Y.

Biayanya lebih murah. Sangat cocok untuk saya sebagai mahasiswa kost. Mereka dijual di toko hewan peliharaan dekat kampus, jadi Anda bisa memesannya secara online. 

Daya jual merek ini lebih tinggi dibandingkan merek Y. Kucing saya memakannya dan terus meminta lebih. Sebenarnya, saya menikmati bagian yang sama dengan brand Y.

Merek X sangat direkomendasikan, namun saya beralih ke merek Y ke depannya. Sampai jumpa di part selanjutnya. Itu saja untuk saat ini."

Teks ke 2

Sebagai penutup, saya mau jelasin beberapa kelebihan merk makanan kucing X dibanding merk Y.

Pertama, harganya lebih murah. Jadi, cocok banget buat aku yang mahasiswa ngekos. Kedua, gak harus beli online karena pet shop dekat lokasi jualan. Sepertinya, merk ini memang lebih pasaran daripada merk Y. Ketiga, kucingku makannya juga lahap banget dan minta tambah. Padahal, aku kasih porsinya sama kayak merk Y.

Kesimpulannya, merk X sangat recommended dan saya bakal pindah ke merk Y mulai dari sekarang. Sekian, sampai jumpa di artikel selanjutnya!”

Nahh, dari kedua Teks di atas bisa kita lihat perbedaanya teks ke 1 harus di baca pelan-pelan dan harus di pahami, sedangkat teks ke 2 sangat mudah di pahami dan enak untuk dibaca.

11. Sisipkan Internal Link dan External Link

Internal link merupakan menyisipkan halaman ke halaman lain dengan satu website yang sama.

Tautan internal diperlukan untuk artikel SEO karena membantu Google dalam mengindeks situs web Anda dan dalam memahami konteks di mana pos itu dibuat. Oleh karena itu, SEO Anda akan meningkat.

Tautan internal membantu pembaca menemukan jalannya jika mereka ingin mempelajari lebih lanjut tentang subjek yang Anda diskusikan. Ini mendorong pengunjung situs web untuk bertahan lebih lama dan menunjukkan pengetahuan Anda tentang subjek dengan memungkinkan diskusi mendalam.

Tautan ke situs web lain disebut sebagai tautan eksternal. Tautan eksternal dapat digunakan sebagai sumber untuk mendukung argumen dan meyakinkan pembaca. Tautan ke data, angka, kutipan, atau referensi dari media lain, misalnya.

Namun, usahakan untuk hanya menyertakan tautan eksternal terkait saat menyertakannya. Hal ini disebabkan oleh fakta bahwa Google akan menghukum Anda jika diketahui bahwa Anda melakukan spamming kepada pembaca dengan tautan eksternal yang tidak terkait.

12. Tambahkan Konten Visual

Membuat artikel yang  SEO friendly juga melibatkan penggunaan materi visual, seperti foto, gambar, infografis, bagan, GIF, dan meme. Mengapa?

Menulis diproses oleh otak manusia 60.000 kali lebih lambat daripada informasi visual. Jadi akan lebih mudah bagi pembaca untuk menangkap posting Anda jika Anda menyertakan fakta dalam bentuk infografis atau bagan.

Selain itu, telah dibuktikan bahwa informasi visual dengan skema warna yang sesuai dapat meningkatkan perhatian pembaca hingga 80%. Misalnya, warna yang tidak berbenturan atau warna yang cocok dengan gaya situs web Anda.

Terakhir, 91% pengguna internet lebih menyukai materi visual daripada tulisan. Oleh karena itu, jika karya Anda memiliki materi visual untuk membantu penjelasan, orang akan merasa lebih nyaman membacanya.

Anda dapat memperoleh konten visual dari situs web yang menawarkan gambar gratis, seperti Pixabay atau Unsplash. Selain itu, Canva memungkinkan Anda membuat materi grafis sendiri. Anda bisa mengunjungi Imgflip atau Kapwing untuk sementara jika ingin membuat meme.

13. Optimasi Gambar


Sangat penting untuk menulis artikel SEO dengan materi visual tambahan. Anda harus mengambil langkah-langkah pengoptimalan. Menghemat ruang penyimpanan,  mempercepat loading blog atau website, dan meningkatkan kenyamanan pengunjung adalah tujuannya.

Ada beberapa yang perlu diperhatikan mengenai optimasi gambar:

  1. Nama File = Berikan nama file gambar yang singkat, tepat, dan sesuai keyword anda.
  2. Alt Text = Deskripsi alt text gambar dengan lengkap membantu mempermudah google mengidentifikasi topik yang anda bahas.
  3. Format Gambar = Pilih format gambar untuk website yang teapat sesuai jenis gambar anda.
  4. Kompres gambar = Kompres gambar Anda untuk mengurangi ukuran gambar tanpa kehilangan kualitas.

14. Gunakan Heading

Heading ada judul dari bagian artikel yang menjelakan sebuah informasi tertentu.

Saat memproduksi konten SEO, penggunaan tajuk sangat penting. Garis besar atau topik posting Anda akan lebih mudah ditemukan oleh pembaca karena alasan ini. terutama bagi pembaca yang membaca sekilas artikel untuk mendapatkan informasi.

Selain itu, Google menyukai konten dengan struktur yang baik. Tidak mengherankan, publikasi dengan struktur dan konten langsung yang sesuai dengan tujuan pembaca akan menerima cuplikan sorotan "peringkat 0".

15. Usahakan Panjang Artikel Optimal


Agar Google dapat memahami topik Anda, Yoast, pembuat salah satu plugin SEO terbaik, menyarankan panjang postingan minimal 300 kata. Tapi paling tidak, tulis tulisan yang panjangnya berkisar antara 1000 hingga 1500 kata.

Bagaimana bisa? Dua di antaranya adalah sebagai berikut:

Pertama, artikel panjang sering kali memberikan penjelasan menyeluruh, yang memungkinkannya memberi manfaat lebih banyak bagi pembaca.

Kedua, artikel panjang yang dioptimalkan untuk mesin telusur biasanya menampilkan lebih banyak tajuk, foto, atau tautan yang mungkin berisi teks jangkar kaya kata kunci. Hasilnya, SEO keseluruhan artikel akan meningkat.

Jika artikel tersebut memiliki panjang yang tepat dan berisi informasi terkait, niscaya artikel tersebut akan muncul di hasil pencarian teratas.

16. Perhatian Komponen Teknis Blog


Anda harus memperhatikan aspek teknis blog selain frase dan paragraf saat menulis postingan yang SEO friendly. Konten Anda harus memiliki daya tarik estetika yang baik dan mendapat peringkat yang baik dalam hasil pencarian Google.
Lalu apa komponen teknologi blog?

Title Tag / SEO Title = adalah nama laman web yang muncul di hasil penelusuran di Google. Agar SEO-friendly, tag judul Anda harus berusaha meringkas konten posting, mengandung satu kata kunci, dan tidak melebihi 60 karakter.

Permalink = Secara default, permalink diambil dari judul artikel Anda. Misalnya, websiteanda.com/cara-mengupas-bawang-dengan-cepat-tanpa-mengeluarkan-air-mata-dijamin-ampuh. Terlalu panjang, kan? Jadi sebaiknya, Anda memperbaiki permalink artikel menjadi

Meta Description = Merepakan sinopsis artikel anda si pencarian google, maksimal meta deskripsi 150 karakter dan mengandung satu kata kuunci


Dengan memperhatiakn komponen teknis artikel kamu adan lebih mudah naik di pencarian google.

17. Manfaat Plugin SEO

Plugin SEO akan secara otomatis memberikan rekomendasi fitur SEO terbaik artikel Anda. Sangat membantu, bukan? Gunakan salah satu plugin untuk membuatnya lebih mudah menghasilkan konten ramah SEO yang berkualitas.

Yoast SEO adalah plugin SEO yang kami sarankan. Judul, jumlah kata, deskripsi meta, distribusi kata kunci, pengoptimalan gambar, dan faktor lainnya semuanya dapat dioptimalkan dengan tepat dengan bantuan plugin ini.

Menariknya, Yoast SEO akan menunjukkan sinyal hijau jika postingan Anda kuat. Akibatnya, belajar lebih sederhana. Jika tidak, Anda hanya perlu melakukan pengoptimalan yang disarankan.

18. Pastikan Tidak Ada Typo di Artikel

Pastikan postingan Anda bebas dari kesalahan penulisan. kesalahan, tanda baca yang salah, dan bahasa yang buruk, untuk beberapa nama. Ini karena penulisan yang buruk dapat menurunkan kualitas artikel dan merusak pengalaman pembaca.

Selain itu, banyaknya kesalahan penulisan dalam artikel yang Anda buat akan mengurangi kepercayaan Anda dengan membuat Anda terlihat tidak profesional.
Periksa artikel secara menyeluruh sebelum merilisnya sebagai hasilnya.

Setelah membaca postingan tersebut, Anda mungkin ingin tidur siang sebentar untuk menjernihkan pikiran. Kemudian, tempatkan diri Anda pada posisi pembaca dan baca artikel dengan lantang untuk membantu Anda mengidentifikasi frasa yang dibuat dengan aneh.

19. Konsisten Menerbitkan Artikel

Kamu tahu, publikasi artikel secara teratur sangat penting untuk menghasilkan konten yang SEO-friendly?

Sebagai permulaan, Kamu dapat memberikan keuntungan ekstra kepada pembaca dalam bentuk informasi yang benar. Saya menganggap Kamu juga ingin diperbarui pada konten terbaru.

Kedua, dengan konsisten, Kamu memberi tahu Google bahwa blog Kamu aktif. Google akan lebih cenderung menyarankan materi Kamu di halaman hasil pencarian jika Kamu melakukan ini.

Kamu tidak perlu menerbitkan artikel setiap hari, bisa juga menerbitkan artikel secara berkala sesuai kemampuan kamu.

20. Jangan Lupa Share Prosmosikan Arikel

Tujuan promosi artikel adalah untuk menarik lalu lintas bertarget dan pembaca dengan cepat. Google akan menerima sinyal yang menguntungkan karena orang membaca dan membutuhkan posting Anda.

Tindakan ini akan meningkatkan SEO Anda dan meningkatkan peringkat Anda di hasil pencarian.

Ini adalah tios untuk mempromosikan SEO Friendly:

1. Promosikan di semua media sosial baik itu pribadi maupun grup.

2. Promosikan juga di forum online yang relevan. namun harus di ingat jangan spam!

3. membuat mailing list agar promosi artikel lebih cepat dan tepat

4. Pasang plagin share seperti AddToany atau masShare untuk memudahkan pengunjung membagikan artikel kamu.


Siap Menulis Atikel SEO Friendly??

Tampaknya banyak sekali saran untuk menulis artikel yang ramah mesin pencari. Ya!
Intinya, untuk menulis artikel yang ramah mesin pencari, Anda harus mematuhi pedoman SEO Google dan mempertimbangkan kemudahan pengunjung Anda.

 mendistribusikan kata kunci, mengoptimalkan gambar, menggunakan strategi piramida terbalik, dan sebagainya. Semua saran tersebut di atas harus seimbang.

Ok pembahasan kita tentang metode cara membuat artikel SEO Friendly sudah selesai..
semoga bermenfaat yaa .. ^-^


Posting Komentar untuk "Langkah Trakhir Untuk Membuat Artikel SEO Friendly 2023"