Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pelajaran SEO Pemula, Pengertian dan Perbedaan SEO vs SEM

 


Teknokom - Banyak orang percaya bahwa SEO adalah strategi yang dapat digunakan situs web untuk mendapatkan peringkat yang baik di Google. Ternyata tidak sesederhana itu, lohh.

Optimisasi mesin pencari bukan hanya tentang peringkat, Kamu akan menemukan hal lain jika kamu menggali lebih jauh. Sebenarnya, SEO dapat meningkatkan kualitas dan volume pengunjung yang datang ke situs web dan blog kamu.

Singkatnya, pengunjung tidak hanya menjelajahi situs web kamu. Namun, membantu kamu meluncurkan tujuan situs web kamu.

Nah kamu pasti semakin penasaran untuk mengetahui apa itu SEO apakah itu untuk meningkatkan branding hingga meningkatkan jumlah transaksi. Mari kita langsung ke inti postingan ini dan puaskan rasa penasaran Anda!

SEO Itu Apa sih?

Search Engine Optimization atau SEO. Dengan bantuan strategi ini, situs web dioptimalkan untuk mendapatkan posisi teratas dalam hasil pencarian Google.

Dengan SEO, situs akan mudah ditemukan, berpotensi mendatangkan lebih banyak pengunjung.

Mengapa SEO Google harus di utamakan dibandingkan dengan mesin pencari lain seperti Yahoo!, Bing, Amazon, dll?

Jawaban sederhananya : Bagi sebagian besar pengguna internet, Google adalah mesin pencari pilihan mereka. Rata-rata, 3,5 miliar pencarian dilakukan di Google setiap hari. Google memiliki 90% pangsa pasar untuk mesin pencari, yang tidak terduga (Statista).

Oleh karena itu, SEO Google sudah cukup untuk menilai keefektifan web. Website akan menarik lebih banyak calon pengunjung jika SEO efektif.

Pada kenyataannya, pencarian organik menyumbang 53% dari lalu lintas situs web (SEO). Pencarian informasi menggunakan kata kunci tertentu di Google dikenal dengan pencarian organik.

Seiring dengan trafik, jangkauan audiens Anda juga ideal alias sesuai dengan tujuan website (meningkatkan branding, transaksi, sumber informasi, dll). Kamu bertanya-tanya mengapa demikian.? hehe

Ok ok .. Sebelum kita lebih dalam membahas manfaat SEO, kamu juga harus tau perbedaan SEO dna SEM.

Perbedaan SEO & SEM

Merski terlihat serupa , SEO dan SEM adalah dua hal yang berbeda, SEO Google berfokus untuk menaikan performa website, sedangkan SEM berfokus untuk menjaring hasil (traffic hingga konversi) secara instan.

SEO untuk situs web masih efektif meskipun SEM dapat memberikan hasil dengan cepat.

SEO bisa digunkan mulai dari gratis hingga berbayar, sedangkan SEM itu berbayar dari mulai Rp.100.000 hingga jutaan.

SEO menggunakan beberapa tools yang dapat digunakan seperti : tools riset keyword, Google Search Console ( berfungsi untuk analisa backlink), Google Analytics yang berfungsi untuk mengontrol performa website dan lain-lain. Sedangkan SEM membutuhkan beberapa tools seperti : Google Adwords, Google Planner, Google Ads dan lain-lain.

SEO mmebutuhkan waktu untuk membuat website naik ranking, Sedangkan SEM memiliki kelbihan dengan cepat untuk menaikan ranking website.

SEO menghasilkan jenis traffic Organic, yang diperoleh dari websie yang muncul di hasil pencarian, Sedangkan SEM menghasilkan Organic Traffic dan Paid Search dari kunjungan audiens yang dihasilkan oleh iklan berbayar.

Perfoma SEO adalah memiliki waktu yang lama saat sudah naik ranking dan lumyan sulit untuk turun kembali, Sedangkan SEM itu memiliki kelebihan capat naik rengking akan tetapi SEM juga akan cepet turun ranking saat iklan sudah habis atau sudah tidak di bayar.

Pada kenyataannya, 70–80% orang mengabaikan hasil pencarian bersponsor atau Iklan demi materi yang tumbuh secara organik. Hal ini disebabkan banyak orang yang terlalu malas untuk mengklik informasi yang berisi iklan.

Nahh itu pengertian dan perbedaan antara SEO dan SEM, terimaksih sudah membaca semoga informasi ini dapat bermanfaat ^_^

Selanjutnya kita bahas Manfaat SEO >>

Posting Komentar untuk "Pelajaran SEO Pemula, Pengertian dan Perbedaan SEO vs SEM"