Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Belajar SEO Pemula : Manfaat SEO Bagi Bisnis Online dan Website

 


Teknokom - Setelah kita membahas penegrtian SEO dan perbedaannya dengan SEM, kita akan melanjutkan pembahasan mengenai beberapa manfaat SEO.

Anda mungkin bertanya-tanya mengapa Anda masih perlu menggunakan SEO situs web. bahkan jika ada metode pemasaran lain yang dapat Anda gunakan untuk mempromosikan situs web Anda.

Sebagai ilustrasi, menambahkan link website ke bio Instagram Anda dan memanfaatkan fungsi swipe-up.

Anda harus menyadari bahwa mesin pencari menyumbang sebagian besar lalu lintas, terutama ke situs web perusahaan. Terlepas dari bidang ekonomi: teknologi, mode, kesehatan, dll.

Maka dari itu kalian harus banget tau manfaat menggunakan SEO.

1. Mempermudah Konsumen Menemukan Website

Strategi SEO yang kuat dapat membantu Konsumen target Anda menemukan situs web Anda dengan lebih mudah.

Penjelasan untuk ini adalah bahwa pengoptimalan mesin telusur memungkinkan situs web Anda mendapat peringkat di halaman depan Google. Jelas sekali bagaimana postur ini berdampak pada lalu lintas. Perlu diingat bahwa 75% pengguna tidak akan menggulir ke halaman berikutnya, dan seterusnya.

Ini mirip seperti membuka lemari es yang penuh dengan kaleng minuman. Anda pasti lebih suka mengambil kaleng dari barisan depan daripada harus menjangkau jauh ke belakang rak, bukan begitu?

2. Menjangkau Target Yang Tepat

Google SEO tidak hanya memudahkan orang menemukan situs web Anda, tetapi juga memungkinkan Anda menjangkau target pasar yang tepat.

Alasannya adalah saat mencari kata kunci tertentu, Anda dapat menargetkan istilah berdasarkan tujuan pencarian atau audiens target.

Tujuan pencarian situs web Anda, misalnya, dapat memberi tahu audiens Anda tentang fakta-fakta tertentu. Anda tahu target pasar tertarik untuk mempelajari lebih lanjut tentang niacinamide sebagai pengusaha di industri perawatan kulit.

Akibatnya, Anda menulis posting blog tentang manfaat niacinamide dan memberi tahu pemirsa bahwa perusahaan Anda menggunakannya. Artikel ini dapat ditemukan oleh audiens target Anda melalui Google dengan menggunakan strategi SEO. Selain itu, pengalaman pencarian yang khas diprioritaskan oleh algoritme Google.

Dengan kata lain, algoritme Google akan memutuskan rekomendasi konten mana yang ditampilkan di halaman hasil pencarian sambil mempertimbangkan karakteristik audiens. dari lokasinya ke riwayat pencariannya dan sebagainya.

Dengan kata lain, pengoptimalan mesin telusur akan meningkatkan kemungkinan materi di situs web Anda dilihat oleh audiens yang Anda tuju. Lalu lintas dan potensi konversi karenanya meningkat.

3. Membangun brand Awareness

Pencarian informasi Google adalah cara termudah bagi individu untuk menemukan produk yang mereka cari. Faktanya, dibandingkan dengan situs review lainnya, 63% individu lebih memilih untuk melakukan pencarian produk mereka di Google, menurut ReviewTrackers.

Itu membuktikan bahwa menggunakan Google untuk meluncurkan produk atau meningkatkan pengenalan merek adalah langkah yang bijak.

Konten situs web saya sudah muncul di halaman pertama Google, jadi mengapa merek saya tidak lebih terkenal?

Nah, keunggulan SEO tidak terwujud dalam semalam. Setelah menemukan konten Anda tiga hingga lima kali, calon pelanggan mempercayai dan menghargai perusahaan Anda.

Oleh karena itu, semakin sering situs web Anda ditampilkan di halaman atas Google untuk istilah yang relevan, semakin banyak orang yang mengetahui merek Anda.

4.Investasi Jangka Panjang

SEO adalah salah satu investasi jangka panjang ,karena Google SEO dapat memperluas prospek bisnis. Selain itu, 39% keputusan calon pembeli mungkin dipengaruhi oleh hasil pencarian yang sesuai.

Peringkat situs di Google semakin kuat dan dapat bertahan untuk waktu yang sangat lama dengan meningkatkan lalu lintas secara alami.

PPC, atau Pay Per Clik, berbeda karena jika Anda berhenti membayar, lalu lintas dengan cepat berkurang menjadi nol. Alasannya adalah sebentar lagi, situs web Anda tidak lagi berada di peringkat teratas.

Untuk alasan ini, meskipun SEO dan SEM mungkin mahal, kami tetap menyarankan agar Anda mengoptimalkan situs web Anda untuk SEO.

5. Meningkatkan Konversi dan Penjualan

Selain keempat keunggulan tersebut, SEO juga menghasilkan penjualan online dan tingkat konversi yang lebih tinggi.

Faktanya, menurut 75% pemilik bisnis, SEO mendatangkan lebih banyak klien daripada strategi pemasaran lainnya. Persentase konversi justru naik menjadi 14,6%.

Alasannya adalah bahwa SEO mungkin lebih berhasil menjangkau audiens target yang lebih besar. Pemasaran media sosial, misalnya, hanya dapat menargetkan pengguna aplikasi yang ditautkan, berbeda dengan teknik pemasaran lainnya (Instagram, YouTube, dll.).

 Atau, terapkan strategi pemasaran email yang hanya menargetkan pelanggan buletin karena ada 4,39 miliar lebih banyak pengguna internet yang menggunakan Google daripada platform lainnya.

Ini menyiratkan bahwa kemungkinan menarik lalu lintas meningkat dengan mudahnya materi situs web ditempatkan di Google.

Selain itu, jika materi Anda secara konsisten muncul saat audiens mengetikkan kata kunci yang berbeda dan bukan sembarang audiens. 

Anda dapat menangani lalu lintas yang datang dengan berbagai cara yang awalnya hanya calon klien menjadi klien sejati.

6. Menanam Top-of-Mind Brand

Merek top-of-mind adalah merek yang muncul di benak pembeli ketika mereka mempertimbangkan kategori produk tertentu. Misalnya, kebanyakan orang akan menyebut Aqua saat membicarakan air mineral.

Nah, menciptakan brand yang diingat orang adalah salah satu keunggulan SEO.

Optimisasi mesin pencari adalah investasi jangka panjang, seperti yang Anda ketahui. Situs web Anda akan memiliki akar yang lebih dalam setelah menguasai halaman teratas Google dan tidak akan mudah diubah.

Materi situs web Anda yang lain akan lebih mudah mendapatkan kepercayaan Google karena legitimasi situs web sudah mulai terbentuk.

Selain itu, Google lebih suka mempromosikan situs web yang telah dikunjungi audiens Anda, dan Anda sudah memiliki lalu lintas.

Penonton tidak akan cepat melupakan Anda jika Anda melakukannya dengan cara itu. Anda lihat, bahkan dengan mengubah kata kunci, materi Anda tetap muncul di hasil pencarian mereka.

Calon klien juga malas melihat-lihat toko terdekat jika berhasil mendominasi halaman pertama Google. Mereka percaya bahwa yang terbaik adalah yang berperingkat tertinggi di Google.

Selain itu, situs web perusahaan peringkat teratas biasanya menawarkan informasi yang komprehensif. Tidak mengherankan, audiens percaya bahwa perusahaan Anda selalu memberi tahu mereka tentang hal-hal yang mereka butuhkan. Akibatnya, audiens menjadi lebih sadar akan Anda.

Nahhh setelah kita memahami Manfaat SEO, kamu pasti sudah mulai tertarik ingin menguasai dunia SEO ini kam? Sebelum itu kamu harus meimiliki pilihan kamu mau Fokus kemana dulu nihh... 


Semoga informasi ini dapat bermanfaar ^-^

Posting Komentar untuk "Belajar SEO Pemula : Manfaat SEO Bagi Bisnis Online dan Website"