Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian dan Dampak Cloaking Di Dunia SEO

Teknokom Update - Cloaking, apakah kalimat ini masih baru atau sudah sangat lumrah? untuk kamu pemula dalam dunia SEO mungkin masih penasaran.

Apa itu Cloaking dan apa kegunaanya? disini kita akan membahasnya agar kamu bisa paham dan semakin mengerti di bidang SEO.

Jika ada yang bertanya apa saja daftar yang tidak disukai oleh Google mungkin Cloaking ada di dalam daftar tersebut.

Maka dari itu mari kita bahas apa itu cloaking, bagaimana cara membuat dan menggunakan cloaking dengan bijak, meski mengabaikan kaidah - kaidah Google.

CLOAKING TEKNOKOM.NET


Pengertian Cloaking

Cloaking secara umum artinya "menyelubungi" atau "menyembunyikan" di artikan dari bahasa ingris.

Pengertian Cloaking dalam SEO adalah " Sebuah metode yang bertujuan untuk memberikan konten yang berbeda kepada pengguna ( manusia ) dan mesin pencari dengan cara menyembunyikan link atau URL tujuan.

Link atau URL Cloaking adalah sebutan dari hasil link yang sudah di Cloaking.

Efek Cloaking terhadap SEO

Terlepas dari kenyataan bahwa banyak mesin pencari tidak menggunakan teknik penyelubungan, hal ini karena potensi kelemahannya, seperti kemampuan untuk menyabotase dan merusak pengoperasian mesin pencari itu sendiri. 

Beberapa teknik Cloaking yang meragukan mungkin dapat membuat situs web Anda lebih rentan terhadap penghapusan hasil mesin telusur Google. 

Namun, ada beberapa situasi di mana penggunaan teknologi penyelubungan diperlukan dan, menurut saya, mungkin bermanfaat bagi pemilik situs web.

Berdasarkan data saat ini, jika tujuan utama kami adalah menggunakan mesin pencari atau bahkan stasiun radio dengan tujuan tertentu, teknik ini tidak disarankan karena tidak etis.

Tapi, jika Anda menggunakan teknik penguncian untuk memenuhi kebutuhan biaya pemasaran, maka ini adalah kesalahan.

Perbedaan Link Cloaking dan Cloaking

Meski sekilas mirip namun kedua hal ini berbeda, jika dilihat dari tujuannya dan cara kerjanya.

Link Cloaking dapat berguna untuk keperluan link Afiliasi dalam mempermudah bisnis afiliasi dan membuat website lebih pendek, singkat , rapih dan menarik.

Contoh Penerapan Cloaking Negatif

Berikut adalah beberapa kelakuan user yang mengunakan link Cloaking yang bisa merugikan dan membahayakan pengguna internet.

1. Mengelabuhi Sitem Spam Email


Pengguna email dapat merasa aman karena sebagian besar sistem dapat menghentikan komunikasi spam yang berpotensi berbahaya dan mematikan. 

Namun, dengan menyembunyikan URL sebenarnya yang harus segera ditolak oleh sistem, penyelubungan dapat mengelabui sistem pendeteksian spam email.

2. Menyelubungi Link Situs - situs Terlarang

Situs- situs terlarang seperti pornografi dan perjudian tersembunyi dengan kedok konten positif seperti konten Jual - Beli atau pun konten animasi.

Ini sangat berbahaya, karena banyak pengguna internet yang masih di bawah umur karena anak sekarang sudah melek teknologi.

Mereka bisa saja tidak sengaja membuka situs - situs terlarang tersebut.

3. Menyembunyikan Data Terstuktur

Kebijakan atau kebijakan Google sendiri secara tegas melarang penguburan data terstruktur ini. 

Namun dalam prakteknya, masih ada beberapa orang yang menyembunyikan data terstruktur yang mereka hasilkan untuk menyajikan materi alternatif bagi pengunjung dan sistem otomatis.

Manfaat Link Cloaking Bagi Pemilik Website

Link cloaking memberikan berbagai keuntungan bagi pemilik situs web yang mengoperasikan perusahaan dan ingin meningkatkan pengalaman audiens mereka, meskipun memiliki reputasi buruk di mata Google.

Penyelubungan tautan dapat meningkatkan rasio klik-tayang selain meringkas URL pada tautan afiliasi, yang biasanya disediakan dengan kode pelacakan oleh pemasok untuk melacak transaksi yang diselesaikan.

Link Cloaking dapat menambah dan meningkatkan Clik-through rate (CTR)

Akibatnya, pengunjung situs web yang mungkin merasa was-was tentang tautan afiliasi tidak akan khawatir untuk mengklik tautan afiliasi yang disamarkan.

Beberapa Tips Cloaking

Jika kamu ingin menggunakan link Cloaking untuk meninggakatkan pengunjung.

ini adalah beberapa tipsnya.

1. Menggunakan Link Nofollow pada semua link afiliasi
2. Melengkapai field kategori dan slug khusus  link afiliasi
3. Membuat URL Redirection

Nahh, sekarang kamu sudah megetahui mengenai cloaking, link cloaking dan berbagai dampknya.

Selanjutkan kita akan membahas tentang cara membuat link cloaking.

semoga artikel ini bisa bermanfaaat untuk kamu yang sedang belajar SEO.

Posting Komentar untuk "Pengertian dan Dampak Cloaking Di Dunia SEO"