Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Backlink? Pengertian Backlink dan Jenis-jenisnya

Teknokom - Istilah backlink mungkin masih asing bagi Anda yang baru mulai membangun blog atau website. Apa yang membedakan backlink dari jenis tautan lainnya? 

Mengapa kata backlink sering muncul dalam perbincangan seputar SEO, khususnya SEO off-page? 

Mengapa Anda perlu memahami backlink dan menggunakannya di situs web atau blog Anda?

Di mana saya dapat menemukan backlink berkualitas tinggi? Artikel ini akan membahas semuanya, dimulai dengan definisi backlink.

Pengertian Backlink


Backlink itu apa?

Backlink adalah link menuju halaman blog atau website Anda yang dipasang di website atau blog lain. Aktivitas yang menghasilkan backlink terkadang disebut sebagai link building.bisa jiga disebut "eksternal link" dan "inbound link" . 

Akibatnya, ada pemberi dan penerima backlink. Backlink dibuat saat Anda menautkan ke situs web atau blog orang lain sendiri. Situs web yang menerima backlink dari pemberi backlink dikenal sebagai penerima backlink.

lumayan simpel bukan? ya meski terlihat sepele, backling itu berperan penting kedalam kesuksesan website atau blog anda.

Secara umum backling dibagi menjadi 2 diantaranya adalah"

1. Internal Backlink

Backlink internal adalah tautan yang menghubungkan dua halaman web pada domain yang sama sehingga pengguna dapat membaca lebih banyak materi terkait atau mengetahui lebih lanjut tentang subjek tertentu.

Tautan internal dimaksudkan untuk memperpanjang masa tinggal pemirsa di situs web serta meningkatkan lalu lintas ke konten tertentu. Tautan internal dapat membantu menurunkan rasio pentalan, statistik yang menunjukkan seberapa cepat orang meninggalkan halaman setelah membacanya jika mereka tidak menyukainya.

2. External Link

Tautan yang menunjuk domain lain disebut sebagai eksternal link. Saat menambahkan sumber daya dari situs web lain karena situs web Anda tidak memiliki informasi yang dapat ditautkan untuk topik tertentu, Anda harus menyertakan tautan ini.

Tautan eksternal membantu situs web lain mendapatkan otoritas dan kepentingan di mesin telusur, selain membantu pengguna situs menemukan konten.
Tautan balik semacam ini juga secara bertahap akan "mengalirkan" lebih banyak pengunjung ke domain eksternal yang ditunjuknya.

Manfaat Backlink pada Ranking di Google

Backlink melayani tujuan keseluruhan untuk menilai otoritas dan relevansi domain untuk barang, layanan, dan subjek tertentu. Tentunya bagi Anda yang menjalankan website untuk menghasilkan uang akan merasakan hal ini cukup menguntungkan.

Untuk mendapatkan peringkat tinggi, mesin pencari akan memberi bobot lebih pada situs web Anda jika memiliki banyak backlink yang berasal dari situs web lain dan diletakkan di atasnya.

Ya, mesin pencari seperti Google memang melihat website atau materi yang banyak mendapat backlink sebagai sumber yang sah dan terpercaya. Akibatnya, situs-situs ini akan berperingkat lebih tinggi untuk frase pencarian terkait dan muncul lebih cepat di halaman pertama SERP.

Lalu lintas organik dan otoritas halaman situs web Anda (nilai DA dan PA) akan tumbuh jika Anda mendapatkan peringkat tinggi, semakin memperkuat posisinya sebagai sumber daya terbaik untuk subjek tertentu.

Selain itu, tim pemasaran atau periklanan dapat mulai mengembangkan kampanye penjualan produk atau bekerja sama untuk memasang spanduk iklan bersponsor di situs web yang telah mencapai peringkat tinggi di SERP.

Dengan pemikiran ini, penting untuk selalu mengingat betapa pentingnya backlink internal dan eksternal untuk situs web Anda. Selain itu, Anda perlu memahami cara mendapatkan backlink yang berkualitas bukan hanya dalam jumlah besar.

Dampak backlink pada SEO Website

Jika Anda mampu menguasai Google, ada banyak sekali prospek bisnis yang bisa diakses. Secara alami, ini adalah impian hampir semua pemilik situs web.

Peringkat Google yang tinggi menunjukkan kaliber tinggi dan relevansi situs web atau konten Anda, yang mendorong orang lain untuk menautkannya di situs web mereka atau membagikannya di media sosial dengan mengarahkan tautan balik ke domain Anda.

Karena kaitannya dengan subjek pencarian, website Anda akan menjadi salah satu referensi utama saat pengguna melakukan pencarian topik khusus di Google. Bahkan dapat disajikan sebagai artikel yang disarankan.

Jika banyak orang merujuk dan membagikan informasi Anda, kemungkinan besar mereka menganggapnya bermanfaat. Di sinilah backlink berperan karena SEO adalah salah satu kriteria yang menentukan peringkat situs web.

Mesin pencari menganggap jumlah backlink dari domain lain yang menunjuk ke website Anda sebagai bukti otoritasnya. Tingkat peningkatan peringkat situs web Anda tergantung pada berapa banyak situs web lain yang terhubung dengannya.

Jenis - Jenis Backlik

Selain istilah internal dan eksternal, backlink juga dibagi menjadai beberapa jens yang lebih khusus. kita akan membahas bebrapa jenis backlink suapaya anda dapat memahaminya.

Juice Link

Jenis backlink yang paling mendasar dan umum adalah  juice link. Tautan semacam ini dapat mengarahkan pengguna ke situs web atau blog Anda dari situs web lain, yang dapat meningkatkan traffic.

Seperti yang mungkin Anda ketahui, peringkat situs web di SERP meningkat dengan meningkatnya pengunjung. Search engine sadar bahwa materi di website Anda akan menarik banyak pengunjung. "Otoritas domain" (DA) atau "otoritas domain" adalah apa adanya.

Situs web Anda akan secara otomatis mengambil alih semua sumber lain dalam keistimewaannya setelah menempati peringkat #1 di Google. Ini akan menjadi contoh untuk beberapa halaman online lainnya, termasuk halaman saingan.

Link No-Follow


Jenis backlink yang menawarkan sedikit otoritas dan kepentingan adalah link no-follow. Ini menyiratkan bahwa meskipun situs web lain menautkan ke situs web Anda, tag "nofollow" yang disertakan dalam skrip akan mencegah tautan berfungsi dengan baik.

Biasanya, situs web yang sangat otoritatif menggunakan tag "nofollow". Mereka menggunakannya untuk memblokir situs web berkualitas rendah agar tidak mendapatkan otoritas dan peringkat di halaman hasil mesin pencari (SERP).

Teknik ini juga dapat menghentikan tautan dari sumber online yang tidak jelas yang tidak membantu. Jenis tautan ini (ke lembaga pendidikan) sering digunakan oleh sekolah dan situs web milik pemerintah (entitas publik).

Dalam komentar blog, tautan no-follow banyak digunakan untuk menghentikan pernyataan yang mengganggu, tidak relevan, atau spam dari pembaca yang ingin mempromosikan situs web mereka secara gratis.

Link Do-Follow 


Untuk mendapatkan backlink berkualitas tinggi, Anda harus berkonsentrasi pada tautan do-follow. Berbeda dengan nofollow, backlink ini menghubungkan dua domain yang berbeda.

Dengan kata lain, ketika tautan ditempatkan di situs web dengan tag "ikuti", otoritas dan pentingnya situs web tersebut "mengalir" ke halaman yang direferensikan.

Mesin pencari menggunakan backlink semacam ini untuk menilai otoritas sebuah situs web. Semakin banyak tautan "ikuti" yang diterima situs web, semakin tinggi peringkatnya.

Tautan do-follow sering digunakan oleh bisnis yang beroperasi di sektor yang berdekatan atau bersebelahan. Pertukaran backlink ini bisa menjadi taktik yang berguna untuk mempresentasikan perusahaan satu sama lain kepada klien satu sama lain dan untuk meningkatkan otoritas dan relevansi di Google.

Link Root Domain

Jumlah backlink yang diterima situs web dari satu domain disebut sebagai domain akar tautan. Tautan akan tetap dihitung sebagai satu backlink jika berasal dari domain yang sama, terlepas dari berapa banyak backlink do-follow yang diterima halaman.

Oleh karena itu, meskipun sebuah situs web memiliki reputasi yang kuat, tidak ada gunanya meminta beberapa backlink untuk mendapatkan otoritas dan relevansi yang sama. Karena hanya akan ada satu backlink, terlepas dari jumlahnya.

Anda masih membutuhkan banyak backlink unik dari beberapa situs web yang sudah terkenal atau memiliki peringkat domain yang tinggi.

Nahh. untuk kali ini saya rasa sudah cukup untuk kamu memahaimi tentang Baclink Selanjutkan kita akan lanjutkan pembahasan mengenai cara membuat backlink yang berkualiatas atauu yang sering di sebut Link Building.

Semoga informasi ini bisa bermanfaat ^-^

Posting Komentar untuk "Backlink? Pengertian Backlink dan Jenis-jenisnya"