Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jurus Jitu Marketing Instagram 2023 Yang Wajib Kamu Tahu!

Teknokom Update-  Tahukah Anda bahwa 72% konsumen melakukan pembelian setelah melihat produk di Instagram? Akibatnya, pemasaran Instagram adalah salah satu metode terbaik untuk melakukan pemasaran media sosial untuk perusahaan Anda.

Jurus Jitu Marketing Instagram 2023


Anda tidak hanya dapat mengunggah gambar atau video di Instagram, jika Anda ingin memaksimalkan upaya pemasaran Anda. Untuk menargetkan pengguna Instagram, perusahaan Anda memerlukan pendekatan yang mendetail.

Karena itu, kami dengan hormat menyambut Anda untuk membaca posting ini untuk menemukan 15 teknik pemasaran Instagram teratas, termasuk:

1. Menggunakan Akun Instagram Bisnis

2. Optimasi Profil Bisnis Anda

3. Ketahui Jenis Postingan di Instagram

4. Optimasi Umpan Isntagram

5. Coba Instagram Live

6. Manfaatkan Instagram Strories

7. Gunakan Instagram TV

8. Posting Ulang Foto atau Stories dari Follower

9. Buat Caption Yang Menarik

10. Buat Hastag Unik yang Kreatif

11. Posting Pada Waktu Yang Tepat ( Ingat Jangan Spam Postingan)

12. Manfaatkankan Berbagai Fitur Canggih Instagram Bisnis

13. Tingkatkan Keterlibatan

14. Buat Iklan Instagram

15. Bekerjasama dengan Influencer


Nahh, ayo kita bahas apa itu marketing instagram secara lebih terperinci.

Apa Itu Marketing Instagram?

Semua kegiatan pemasaran yang dilakukan di Instagram disebut Marketing Instagram.

Taktik pemasaran Instagram terbagi dalam dua kategori, mirip dengan pemasaran media sosial pada umumnya: 

organik (seperti postingan dan Instagram Stories) dan Berbayar (seperti iklan Instagram dan promosi influencer). 

Instagram adalah platform yang mengutamakan materi visual, seperti yang mungkin sudah Anda ketahui. Akibatnya, strategi pemasaran untuk Instagram harus berbeda dari platform media sosial lainnya seperti Facebook dan Twitter. Yuk, baca lebih detail untuk mempelajari rencananya!

15 teknik pemasaran Instagram yang wajib kamu tahu!


Ingatlah bahwa Instagram sekarang lebih mementingkan konten daripada hal lainnya. Dengan kata lain, orang memilih materi yang baru dan terkini daripada konten usang dan file yang diunggah. Oleh karena itu, Anda harus berusaha untuk menerbitkan secara teratur sehingga Anda dapat terus mengikuti perkembangan terkini.

Tanpa basa-basi lagi, mari kita periksa setiap strategi pemasaran Instagram satu per satu.

1. Menggukan Akun Instagram Bisnis 

Anda harus menggunakan teknik pemasaran Instagram ini terlebih dahulu sebelum menggunakan yang berikutnya. Ini karena memiliki akun bisnis memudahkan klien potensial untuk menghubungi Anda dan memberi perusahaan Anda tampilan yang lebih halus.

Selain itu, akun Instagram untuk bisnis (Instagram for Business) menawarkan sejumlah kemampuan yang tidak dapat diakses di akun Instagram individual. Beberapa di antaranya memungkinkan Anda merancang iklan Instagram dan mendapatkan informasi. Untuk mengevaluasi dan memberikan data tentang akun Anda, Wawasan adalah alat yang bermanfaat.

Jika Anda masih menggunakan akun pribadi, Anda bisa merubahnya menjadi akun Bisnis dengan cara Masuk ke menu pengaturan, klik akun dan Beralih ke Akun Profesional.

Nah, apabila akun Anda dulunya di private, maka anda harus merubahnya menjadi akun public, karena itu sudah peraturan baru yang dikeluarkan Instagram.

2. Optimasi Profil Bisnis Anda

Setelah mengalihkan akun Anda ke Instagram Business, mengutak-atik profil Anda adalah langkah Marketing  Instagram berikutnya. Profil yang efektif dapat mengubah klien potensial menjadi pelanggan setia. Ada berbagai cara untuk melakukannya, antara lain:

  • Pilih Username yang simple dan mudah dikenali
Pemasaran Instagram terbaik menggunakan pegangan yang mencantumkan nama perusahaan Anda. Orang tidak akan salah diberi label saat memposting atau berkomentar, selain mudah ditemukan.

Jika nama perusahaan sudah pernah didaftarkan ke orang lain, Anda bisa meletakkan istilah di belakangnya. Agar mudah dikenali, perlu diingat bahwa istilah di belakang juga harus terkait dengan perusahaan Anda.
   
  •     Gunakan Poto Profil Logo Brand Anda

Saat seseorang mengunjungi akun bisnis Anda, kesan pertama mereka kemungkinan besar adalah foto profil Anda. Selain itu, setiap komentar atau postingan pemasaran Instagram yang Anda buat akan menyertakan gambar profil Anda. Oleh karena itu, komponen terpenting dari profil Anda adalah foto profil Anda.

Oleh karena itu, gunakan gambar profil yang mewakili perusahaan atau merek Anda secara akurat. Biasanya, foto profil untuk akun bisnis adalah logo perusahaan atau bisnis. Untuk mengetahui gambar profil apa yang digunakan pesaing Anda, Anda juga dapat melakukan riset tentang mereka.

  •     Tulis Bio yang Menarik dan Informatif

Orang-orang melihat bio Anda setelah foto profil Anda. Akibatnya, Anda harus dapat memaksimalkan batas 150 karakter Instagram.

Anda dapat membuat biodata yang menggambarkan misi perusahaan Anda dan keuntungan yang akan dirasakan klien. Anda juga dapat menggunakan emoji di bio Anda jika target pasar perusahaan Anda adalah generasi muda.

  • Memasukan CTA
Call to action (CTA) akan ditampilkan  di akhir bio Anda. CTA ini bertujuan untuk membujuk pelanggan agar membeli barang Anda. Misalnya, "Klik untuk mendapatkan diskon!" atau "Nikmati penawarannya segera!"

  • Memasukan Link di Bawah CTA
Anda harus meletakkan tautan di bawah CTA yang Anda gunakan untuk menyimpulkan bio Anda. Untuk menghindari pelanggan yang bingung, koneksi harus dikaitkan dengan CTA.

Jika CTA mengacu pada promosi, sertakan tautan ke promosi tersebut. Sertakan tautan ke kompetisi jika artikelnya tentang satu. Hindari CTA menggembar-gemborkan promosi yang mendukung kontes, atau sebaliknya.

3. Pahami Jenis Postingan di Instagram

Sekarang setelah Anda memiliki akun perusahaan, Anda harus mulai membuat konten berkualitas tinggi untuk pemasaran Instagram.

Empat genre materi tersedia di Instagram: Instagram TV, Instagram Stories, Instagram Live, dan Instagram Feed. Berikut adalah perincian cepat dari masing-masing jenis konten ini:

  • Feed Instagram
Umpan Instagram adalah kumpulan dari semua gambar dan video yang telah Anda unggah ke akun itu. Ini mungkin pendekatan sederhana untuk menggunakan gambar yang khas dan menarik untuk menarik konsumen potensial.
  • Instagram Story
Cerita Instagram berbeda dari konten lain di platform. Stories ditampilkan di bagian atas feed Anda dan hanya bertahan selama 24 jam.

Baik untuk perusahaan maupun dibandingkan dengan bentuk konten lainnya, cerita menawarkan beberapa keuntungan. Jelaskan mereka. Disebutkan pada poin nomor lima.

4. Optimasi Feed Instagram


Pemasaran Instagram mengharuskan konten yang Anda terbitkan di umpan Instagram mewakili bisnis Anda dan disukai oleh pengikut Anda. Akibatnya, Anda harus mengetahui jenis barang yang akan diletakkan di sana.

Gambar dan video membentuk dua jenis materi yang muncul di umpan Instagram. Gambar tidak diberikan perlindungan lebih lanjut. Video dapat berlangsung hingga 60 detik dan memiliki resolusi maksimum 1080 x 608 untuk potret dan 1080 x 1350 untuk lanskap.

5. Manfaat Instagram Story

Posting pemasaran Instagram umumnya berbeda dari Instagram Stories. Bagian Stories ada di bagian atas feed Anda dan hanya bertahan selama 24 jam. Karena perbedaan ini, Instagram Stories memberikan sejumlah keunggulan dibandingkan postingan standar untuk pemasaran Instagram, antara lain:

  • Posisinya yang berada di bagian paling atas feed juga menjadikannya sebagai hal pertama yang dilihat followers saat membuka Instagram. Meski hanya bertahan 24 jam, story bisa disimpan di ponsel dan digunakan lagi di lain waktu. 
  • Kamu bisa mencoba menggunakan filter atau stiker yang telah disediakan untuk membuat ceritamu lebih berwarna. Kamu bisa bereksperimen menggunakan tools gratis. Canva adalah salah satu contohnya. 
  • Anda juga dapat menandai akun seseorang. sangat berguna jika Anda berkolaborasi dengan influencer atau merek lain. Anda dapat membuat cerita kapan pun Anda mau. Jumlah cerita yang dapat Anda buat tidak terbatas. 
Jenis materi apa yang bisa Anda jadikan cerita untuk mendukung strategi pemasaran Instagram Anda? Anda dapat menggunakan inspirasi konten yang kami sediakan di bawah ini sebagai titik awal.

Ok mungkin sampai sini dulu pembahsan kita kali ini jika kalian tertarik kita akan bahas poin-poin selanjutnya agar kalian bisa makin cerdas dalam mengembangkan bisnis anda.

Semoga informasi ini bisa bermanfaat ^-^

Posting Komentar untuk "Jurus Jitu Marketing Instagram 2023 Yang Wajib Kamu Tahu!"