Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Dampak Perkembangan Teknologi, Peluang atau Ancaman


Teknokom -  Satu kata yang memiliki dampak signifikan pada kehidupan manusia modern adalah teknologi. Di era modern ini, mungkin hampir separuh penduduk dunia termasuk Indonesia sendiri—telah merasakan manfaat dari kemajuan teknologi.

 Teknologi dan kemajuannya yang pesat sangat membantu kehidupan manusia; bahkan dengan kemajuan teknologi saat ini, bisa menciptakan peluang untuk menghasilkan pundi-pundi rupiah bahkan tanpa harus keluar rumah. Berbicara tentang teknologi tidak lepas dari internet dan gadget yang merupakan hasil teknologi.

Tetapi jika teknologi tidak dapat dikendalikan dan mulai menguasai kita, itu bisa menjadi ancaman dalam dirinya sendiri tanpa kita sadari.

Beberapa hasil dari inovasi teknis ini antara lain internet dan gawai. Segala sesuatu saat ini telah diuntungkan dengan kemampuan internet, termasuk dunia pendidikan. Di negara kita, dalam 2 (dua) tahun terakhir hampir semua sekolah dan perguruan tinggi, baik Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Atas telah menggunakan fasilitas internet dalam proses penerimaan/penerimaan siswa baru.

 Mengingat bahwa teknologi harus diperkenalkan sesegera mungkin untuk penggunaan yang bermanfaat dan harus ada persiapan untuk memasuki pasar bebas, yang pasti akan memberikan penekanan kuat pada teknologi dan kemajuan masyarakat kita, ini adalah perkembangan yang sangat baik.

Selain itu, juga membantu orang tua yang sebelumnya tidak memahami penggunaan internet sehingga mereka secara tidak sengaja mempelajari dan mencoba memanfaatkannya.

Namun, mayoritas dari kita saat ini menyalahgunakan teknologi, yang juga tercermin dari apa yang terjadi pada anak muda saat ini. Teknologi yang ada telah mengubah mereka menjadi orang yang lebih egosentris yang kurang terlibat dalam interaksi sosial tatap muka; bagi sebagian orang, media sosial bahkan telah menggantikan teman, keluarga, dan relasi.

Mereka dipisahkan dari keluarga mereka oleh internet atau media sosial, bahkan terkadang mereka menghabiskan waktu luang mereka dengan menggunakan teknologi.

Akan sangat bijaksana jika teknologi saat ini digunakan semaksimal mungkin dan dijadikan peluang daripada bahaya, karena alasan utama penyalahgunaan teknologi pada anak-anak adalah kurangnya pengawasan dan kurangnya pengetahuan yang jelas tentang keuntungan dan kerugian teknologi. teknologi.


Posting Komentar untuk "Dampak Perkembangan Teknologi, Peluang atau Ancaman"