Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah 9 Teknologi yang di Taksir Semakin Populer di tahun 2023


Teknokom - Hallo kawan-kawan semuanya Selamat Pagi, Siang, Sore dan Malam. Kali ini kita akan membahas perkembangan teknologi lagi nihh, yuu ahh langsung bahas hihi.

Pandemi COVID-19 telah berkembang secara dramatis dalam hal teknologi. Terbukti, cabang teknologi tertentu mengalami peningkatan yang signifikan.

Akselerasi kemajuan teknologi ini diperkirakan akan terus berlanjut hingga tahun 2023.

Kemajuan teknologi ini akan membuat hidup lebih mudah dan sederhana bagi semua orang.

Tuntutan akan karyawan, seniman, dan inovator yang benar-benar menguasai teknologi dan penerapannya juga terlihat dari perkembangan ini.

Siapa pun yang mempelajari "rahasia" di balik kemajuan teknologi ini akan menghasilkan banyak uang. Apa saja teknologi yang taksir akan melonjak pada tahun 2023? Ini daftarnya.

1. 5G Network

Kecepatan konektivitas sangat diperlukan di era digital. Akibatnya, diperlukan kapasitas yang jauh lebih kuat dan lebih banyak untuk koneksi data. Koneksi 5G, yang jauh lebih cepat daripada 4G, yang berfungsi sebagai pendahulunya, memenuhi permintaan ini.

Di kawasan Asia-Pasifik, pertumbuhan koneksi 5G diperkirakan akan meningkat hingga 400% selama tiga tahun ke depan. Asosiasi GSM memperkirakan bahwa pada tahun 2025, jaringan 5G akan memiliki lebih dari 1,7 miliar pelanggan secara global. Kemajuan signifikan dalam IoT dan realitas virtual juga akan dimungkinkan oleh 5G. Pertumbuhan didorong, terutama di Asia Pasifik, oleh gerakan "metaverse" dan peningkatan penggunaan model smartphone terbaru.

2. Cyber Security

Aktivitas serangan dunia maya secara global meningkat sebagai salah satu akibat dari wabah pandemi COVID-19.

Serangan dunia maya menargetkan sejumlah platform, termasuk Facebook, LinkedIn, dan Yahoo.

Oleh karena itu, di dunia sekarang ini, masalah keamanan siber menjadi sangat penting.

Perusahaan dunia cyber tebesar saat ini adalah Cisco, Microsoft, dan IBM. Sistem operasi, jaringan, virtualisasi, dan pengetahuan pemrograman semuanya diperlukan untuk pekerjaan ini.

3. Big Data dan Analytics

Kita dapat menyimpan, mengelola, memproses, menganalisis, dan memahami volume data yang sangat besar berkat big data dan analitik.

Menurut penelitian Frost & Sullivan, pasar untuk big data dan analitik diperkirakan akan meningkat 4,5 kali lipat.

Awalnya hanya $14,85 miliar dalam penjualan pada tahun 2019, industri big data dan analitik diharapkan menghasilkan pendapatan $68,09 miliar pada tahun 2025.

Dapat mendeteksi penipuan di prusahaan besar seperti Netflix, American Express, Amazon, dan Google yang menggunakan big data dan analitik untuk mengelola operasi.

Teknologi ini dapat meningkatkan standar kesehatan. Beberapa Hadoop, SQL, Spark, Python, dan Excel hanyalah beberapa dari kemampuan teknis yang diperlukan untuk menangani big data dan analitik.

4. Cloud Computing

Tahun 2022 sudah terbukti menjadi titik balik komputasi awan sejak COVID-19 memberikan banyak kelonggaran bagi bisnis di tahun sebelumnya.

Ujung tombak dari semua teknologi adalah komputasi awan. Pengetahuan tentang database, pemrograman, Linux, jaringan, dan API merupakan prasyarat untuk pekerjaan di sektor cloud computing.

5. Augmented Realited dan Virtual Reality

Virtual reality (VR) menghasilkan pengalaman yang sepenuhnya virtual, sedangkan augmented reality (AR) menggabungkan aspek dunia nyata dan virtual.

Qualcomm, Samsung, Microsoft, dan Apple merupakan Perusahaan yang bergerak dalam pengembangan AR dan VR.

Selain bisnis hiburan, AR dan VR berpotensi mengubah sejumlah industri lain, termasuk medis, olahraga, militer, dan pendidikan. 

Pada tahun 2030, diperkirakan potensi pasar teknologi ini akan bernilai $1,274 miliar. Pemodelan 3D, visi komputer, pengembangan perangkat lunak, dan pemrograman adalah beberapa kemampuan yang dibutuhkan untuk augmented reality dan virtual reality.

6. Blockchain

Blockchain adalah teknologi mutakhir masa depan yang cerah. Hampir setiap industri saat ini sedang diubah oleh blockchain, termasuk keuangan, kesehatan, dan politik. 

Sistem operasi blockchain telah diadopsi oleh bisnis Indonesia seperti Crypto Store, Blockchain Zoo, Block Tech, Corechain, dan Indodax. Anda harus mahir dalam struktur data, jaringan komputer, dan kriptografi.

7. Internet of Tink (IoT)

IoT adalah salah satu teknologi masa depan. Perangkat digital hipotetis dengan kemampuan untuk terhubung ke Internet, mengumpulkan data, dan mengarahkan tindakan perangkat lain.

Kita sering menggunakan berbagai macam perangkat yang mendukung IoT dalam aktivitas kita sehari-hari. termasuk perangkat seluler, laptop, jam tangan pintar, TV pintar, dan sebagainya.

Saat ini, Google Home Assistant, Siri, atau Alexa dapat digunakan untuk mengoperasikan dan mengatur program menggunakan perintah suara. Machine learning dan AI, Python dan JavaScript, big data, dan Node.js adalah talenta IoT yang paling diminati.

8. Robotika

Di tahun-tahun mendatang, bidang robotika akan terus berkembang.

Pasar robot diperkirakan akan mencapai US$ 4,8 miliar pada tahun 2026, oleh karena itu akan sangat menarik untuk melihat bagaimana bisnis berkembang pada tahun 2023.

Di antara sejumlah tren, seperti pabrik pintar, robot tangkas, dan cobot, untuk menyebutkan beberapa, bidang robotika akan memiliki banyak hal untuk diberikan kepada dunia. 

Boston Dynamic dan Universal adalah dua bisnis yang bergerak di bidang penelitian dan pengembangan robotika. Selain itu, Anda harus mahir dalam Python, Matlab, pemecahan masalah, matematika, dan pembelajaran mesin jika Anda ingin bekerja di bidang robotika.

9. Artifical Intelligence (AI)

Aftifical Intelligence (AI) telah merupah wajah dunia bisnis dan membantu kita mengoptimalkan prediksi bisnis dimasa yang akan datang.

Dalam industri, pendidikan, kesehatan, dan transportasi manusia, AI memiliki dampak yang signifikan. Menurut Global Tech Outlook, pertumbuhan AI di sektor fesyen akan meningkat dari US$228 juta pada 2019 menjadi US$1.260 juta pada 2024, dengan tingkat pertumbuhan tahunan gabungan (CAGR) sebesar 40,8% selama rentang waktu tersebut.

Perusahaan-perusahaan yang mengembangkan teknologi AI ini termasuk Google, Open AI, dan IBM. Pembelajaran mendalam, pembelajaran mesin, matematika, dan pemrograman dengan Python adalah beberapa bakat yang dibutuhkan.

Nah itu adalah 9 teknologi yang berpotensi berkembang pesat di tahun 2023 mendatang bahkan akan semakin maju lagi untuk beberapa taun kemudian.

terimasih sudah membaca, semoga informasi ini dapat bermanfaat ^-^


Posting Komentar untuk "Inilah 9 Teknologi yang di Taksir Semakin Populer di tahun 2023"